A. PENDAHULUAN
Bimbingan dan konseling merupakan suatu wadah yang memberikan layanan-layanan untuk membantu siswa yang membutuhkan layanan tersebut. Layanan bimbingan dan konseling tersebut meliputi beberapa aspek, yaitu aspek pribadi, social, belajar, dan karir. Dalam setiap layanan tersebut, terdapat fungsi bimbingan antara lain:fungsi pencegahan, fungsi penyembuhan, fungsi pemeliharaan dan fungsi pengembangan
Dalam mencapai tujuan
bimbingan dan konseling tersebut dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak, baik
konselor/ guru BK, pihak sekolah, orang tua, dan yang terpenting adalah siswa
itu sendiri.
Selama ini kita kurang memperhatikan cara dan manajemen
waktu dalam belajar,sehingga kita sering mengalami kesulitan dalam memahmi
materi pelajaran yang kita pelajari. Untuk mengataasi permasalahan tersebut
kita harus membuat manajemen waktu belajar sekaligus memilih ara-cara belajar
yang baik dan efektif.
Dengan memahami
masalah yang terjadi pada diri siswa, maka siswa tersebut akan mengetahui apa
yang harus ia lakukan
dalam menyikapi masalah yang dihadapinya, sehingga ia dapat mengatasi
hambatan-hambatan dan siswa tersebut mengerti bagaimana memanajemen waktu belajar dan memilih cara-cara yang
tepat agar belajarnya lebih efektif.
B. PRASYARAT
Syarat untuk dapat memahami modul ini adalah siswa diharapkan membaca dan mencoba memahami isi dan modul ini, kemudian mengaplikasikannya dalam diri siswa. Hal ini dimaksudkan agar tujuan dari materi yang dipaparkan dapat tercapai secara optimal dan siswa dapat mengatasi masalah yang ia alami.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
· Penjelasan
Bagi Siswa
Agar siswa berhasil menguasai dan memahami materi
dalam modul ini, lalu dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,
maka bacalah dengan cermat dan ikuti petunjuk berikut dengan baik, antara lain:
v Bacalah
doa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinanmu, agar diberikan kemudahan dalam
mempelajari materi ini.
v Bacalah
materi ini dengan seksama, sehingga isi materi ini dapat dipahami dengan baik.
v Buat
dan isilah rencana pembelajaran yang terdapat dalam modul agar dapat
mengkonsultasikannya apabila mendapat kesulitan.
v Kerjakan
lembar kegiatan siswa yang sudah disediakan dengan sungguh-sungguh.
· Peran
Konselor (Guru BK)
v Membimbing
dalam kegiatan belajar mengajar.
v Membantu
dalam mencari sumber pembelajaran yang sesuai dengan materi.
v Memahami
siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami isi materi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa memperoleh
pemahaman tentang cara belajar
yang efektif, cara meningkatkan keefektifan belajar, mengetahui cara manajemen waktu belajar, sehingga
tujuan elajar dapat tercapai dengan mengaplikasikan langkah-langkah yang telah
dipaparkan dalam kehidupan sehari-hari.
E. KOMPETENSI
Siswa dapat
mengembangkan dan mengaplikasikan cara belajar yang efektif dan memanajemen waktu belajar
dengan baik dalam kehidupan
sehari-hari,
baik di sekolah maupun dirumah.
F. INDIKATOR
Siswa mampu:
v Memahami
cara belajar yang efektif dan manajemen waktu belajar
v Menjelaskan
sistem belajar efektif dan manajemen waktu belajar
v Menyebutkan
cara belajar yang efektif
v Membuat perencanaan manajemen waktu dan cara belajar yang
efektif
G. RENCANA BELAJAR
Rencana belajar
merupakan serangkaian rencana kegiatan yang akan kamu lakuakan pada saat
pelaksanaan pembelajaran berlangsung.
No.
|
Tanggal
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu
|
Tanda Tangan Ortu
|
Yogyakarta,…………………….
Guru
Bimbingan dan Konseling
Pradipta Susanto
1. Pengertian Belajar Efektif
Belajar
yang efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai
dari belajar itu sendiri. Misalnya
seorang siswa belajar matematika dengan materi pokok operasi perkalian, jika
siswa tersebut dapat melakukan operasi perkalian dan mampu menjawab soal yang
ada dengan baik maka cara belajar siswa tersebut dikatakan efektif.
2. Faktor Penyebab Belajar Menjadi Tidak Efektif :
Ø
Belajar
dalam keadaan lapar
Ø
Belajar
dalam kondisi yang tidak fit
Ø
Belajar
dalam keadaan mengantuk/begadang
Ø
Belajar
hanya kalau ada ujian
Ø
Belajar
dengan sistem SKS ( sistem kebut semalam )
Ø
Belajar
tanpa perencanaan waktu/tidak teratur
Ø
Belajar
dengan kondisi mood yang jelek
Ø
Belajar
hanya menghafal bukannya memahami materi pelajaran
Ø
Belajar
hanya dengan materi yang diperoleh dari guru/dosen dan tidak dikembangkan
3. Persiapan Belajar Efektif
Agar
belajar menjadi efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu :
a.
Tumbuhkan motivasi untuk belajar.
Motivasi belajar adalah kehendak yang mendorong seseorang melakukan kegiatan
belajar untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mengetahui sejauh mana motivasi
belajar anda, dapat dipandu dengan pertanyaan berikut : mengapa saya harus
belajar? Untuk apa saya belajar? Motivasi dapat tumbuh karena beberapa hal,
misalnya karena termotivasi ingin mendapat nilai baik, rangking, hadiah,
penghargaan atau memang keingintahuannya tentang suatu hal. Jika seorang siswa
sudah memiliki motivasi maka ia akan mudah umtuk melakukan kegiatan belajar.
b..
Buatlah jadwal belajar yang rutin
dan teratur. Alangkah baiknya jika belajar sedikit-sedikit tapi dilakukan
secara rutin dan teratur daripada belajar secara banyak-banyak tapi tidak
teratur. Unutk itu buatlah jadwal belajar dengan baik dan implementasikan
setiap hari!.
c.
Siapkan fasilitas belajar seperti
: tempat belajar, alat tulis, buku catatan, buku latihan dan buku pelajaran.
d.
Jaga stamina baik fisik atau
psikis.
4. Mengembangkan sikap
Positif terhadap Belajar
a.
Yakin dapat berhasil dalam kegiatan belajar
b.
Belajar menemukan atau mencari sesuatu.
c.
Tidak berputus asa
5. Cara Belajar Eefektif dan Manajemen
Waktu Belajar
v
Cara
Belajar Efektif :
a). Sistem Belajar “MURDER” :
Sistem belajar
ini dikenal dengan "MURDER", yang terdiri dari Mood, Understand,
Recall, Digest, Expand, dan Review. Perincian
sistem belajar "MURDER" ini, diadaptasi dari buku The Complete Problem
Solver oleh
Bob Nelson. Silahkan telaah dan cermati untuk dilaksanakan
Ø Mood - Suasana Hati:
Ciptakan selalu
mood yang positif untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu,
lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu.
Ø Understand - Pemahaman:
Tandai informasi
bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit
tersebut atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu.
Ø Recall - Ulang:
Setelah belajar
satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang
kamu buat SENDIRI.
Ø
Digest - Telaah:
Kembalilah pada
unit yang tidak kamu mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada.
Lihatlah informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya,
atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen.
Ø Expand - Kembangkan:
Pada langkah
ini, tanyakan tiga persoalan berikut terhadap materi yang telah kamu pelajari:
• Andaikan saya
bertemu dengan penulis materi tersebut, pertanyaan atau kritik apa yang hendak
saya ajukan?
• Bagaimana saya
bisa membuat informasi ini menjadi menarik dan mudah dipahami oleh
siswa/mahasiswa lainnya?
• Bagaimana saya
bisa mengaplikasikan materi tersebut ke dalam hal yang saya sukai?
Ø Review - Pelajari Kembali:
Pelajari kembali
materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah strategi yang telah membantu
kamu mengerti dan/atau mengingat informasi. Jadi, terapkan strategi tersebut
untuk cara belajarmu berikutnya.
b).Berprinsip “CERDAS” :
Ø
Cerdik dalam mengelola belajar:
- Cerdik dalam menyusun target belajar
- Cerdik memonitor pelaksanaan belajar
- Cerdik mengevaluasi belajar
- Cerdik dalam mengenali lingkungan belajar
- Cerdik dalam menggunakan berbagai strategi belajar
Ø
Efektif dalam belajar berarti:
berarti mampu mengelola waktu dengan terampil, sehingga berbagai kegiatan dapat diselesaikan dengan baik
Ø
Realistis dalam belajar berarti:
- Membuat tujuan belajar jangka pendek dan jangka panjang yang Realistis.
- Tujuan yang R E A L I S T I S akan meningkatkan motivasi dan menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan akhir tanpa frustrasi…..!!!
Ø Dapat mencapai tujuan yang disusun
berarti:
Merupakan usaha meningkatkan motivasi, karena tujuan belajar yang cukup sulit akan memberikan perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri dan bangga. Sedangkan tujuan belajar yang disusun terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menurunkan motivasi bahkan membuat frustrasi.
Ø Akurat dalam belajar berarti:
Akurat berarti dapat diukur. Tujuan jangka pendek yang Anda buat harus akurat atau dapat diukur. Tujuan yang akurat membuat Anda tahu sampai seberapa jauh Anda sudah mencapai sasaran yang direncanakan sebelumnya. Misalnya: berapa kegiatan belajar yang direncanakan akan dibaca hari ini. Contoh tersebut lebih baik daripada hanya merencanakan membaca modul tapi tidak mentargetkan berapa banyak, sehingga tanpa disadari waktu ujian telah tiba.
Ø Spesifik dalam belajar berarti:
Spesifik dalam menetapkan tujuan yang Anda buat. Sebagai contoh, Anda merencanakan membaca 2 kegiatan belajar hari ini. Selain akurat, tujuan tersebut harus spesifik menunjukkan modul apa sehingga lebih jelas. Tujuan yang spesifik akan membuat tujuan belajar yang dibuat menjadi lebih akurat, dapat diukur dan menghemat waktu/efektif.
v Pengaturan Waktu
:
adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.
- Pedoman:
• Perhatikan waktumu
• Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu
• Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
• Ketahuilah kapan kamu produktif
Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu
dapat membantu untuk
• Membuat daftar
"Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian
putuskan apa
yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang
dikerjakan orang
lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya
• Membuat jadwal
harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada
buku/tabel
kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi
tidur dengan
mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok. Merencanakan
jadwal yang
lebih panjang
• Gunakan jadwal
bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu.
• Jadwal ini
juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.
Rencana Jadwal
Belajar Efektif
• Beri waktu
yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburanBeri
• Prioritaskan
tugas-tugas
• Luangkan waktu
untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
• Atur waktu
untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas
• Ingatlah bahwa
kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam
tanpa review.
• Jadwalkan
waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar
• Pilih tempat
yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar
• Rencanakan
juga "deadline". (batas waktu)
• Jadwalkan
waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
• Jadwalkan
review bahan pelajaran mingguan
• Hati-hati,
jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Latihan:
Setelah memahami materi diatas, coba buatlah
rencana belajar dan manajemen waktu belajar yang menurut anda efektif untuk
mempelajari materi-materi pealjaran yang anda pelajari!!
BAHAN RUJUKAN :
Steve Wheeleer, (1999). Teknologi
konvergen dalam sistem pembelajaran jarak jauh? (Convergent Technologies in
distance learning delivery), Tech Trends, Volume 43, Issue 5, November, hal 19
On Becoming a Master Student oleh David B. Ellis dan How to Study in College
oleh Walter Pauk
|
|
Terimakasih infonya :)
BalasHapusLes Privat Yang Bisa Datang ke Rumah
Guru Les Privat ke Rumah
Windroye Terbaru
Download GTA Extreme Indonesia
Cara Download SoundCloud
Windroye Emulator
Guru Les Privat Yang Bisa Datang Ke rumah
Cari Guru Les Privat Ke rumah
Mau Cari Guru Les Privat Ke rumah
Mencari Guru Les Privat Terbaik Yang Bisa Ke rumah
Guru Les Privat Terbarik Yang bisa Ke rumah
LesprivatGanesha.com Solusi tepat Guru Les Privat Ke rumah