Minggu, 04 Desember 2011

Kotak Masalah Sebagai media BK


1)Apa yang dimaksud kotak masalah?
Kotak masalah adalah instrumen media BK yang berfungsi sebagai sarana bagi konseli untuk menyampaikan masalah dan pertanyaan-pertanyaan secara tidak langsung, bisa dikarenakan takut atau malu. Dengan kotak masalah konseli dapat mengungkapkan masalah pertanyaan yang dimilikinya tanpa harus bertatap muka dengan konselor. 

2)Alasan penggunaan kotak masalah sebagai mdia BK :
Dengan kotak masalah konseli yang merasa malu atau takut mengemukakan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya secara langsung dapat menyampaikannya lewat kotak masalah, selain itu kotak masalah juga dapat menjadi sumber data tentang kebutuhan konseli sebagai pertimbangan penyajian materi layanan BK.


3)-Yang menjadi pengguna (subyek ) kotak masalah adalah guru BK/konselor, dengan kotak masalah konselor bisa mendapatkan data-data sebagai bahan pertimbangan dalam memilih materi layanan BK yang akan diberikan. Misalnya materi dalam papan bimbingan atau bimbingan kelas.
   -Yang menjadi sasaran (obyek ) kotak masalah adalah konseli/siswa, dengan kotak masalah konseli dapat mengungkapkan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya tanpa harus bertemu langsung dengan konselor.

4)Kapan kotak masalah digunakan ?
Kotak masalah dapat digunakan kapan saja, karena setiap ada konseli yang merasa malu mengungkapkan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya secara langsung pada konselor maka kotak masalah dapat menjadi sarana penyampaiannya.

5)Kotak masalah diletakkan dimana dan dalam bntuk apa?
Kotak masalah dapat diletakkan didepan kanto guru BK/konselor agar lebih mudah dipantau dan biasanya berupa kotak surat .

6)Bagaiman cara penggunaan kotak masalah?
Penggunaan kotak masalah adalah sebagai sarana pengumpul informasi/data tentang permasalahan dan pertanyaan dari konseli yang merasa malu untuk mengungkapkan permasalahan dan pertanyaan yang dimilkinya secara langsung, kemudian berdasarkan data tersebut  konselor dapat mempertimbangkan materi layanan BK yang tepat untuk disampaikan (sesuai dengan kebutuhan konseli). Layanan BK yang akan diberikan dapat berupa bimbingan kelas, papan bimbingan ,leflet, bahkan bisa sampai pada layanan konseling tergantung dari bobot permasalaha yang ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar