Sabtu, 11 Februari 2012

contoh need assessment Bimbingan dan Konseling


Need Assessment
NO
PERMASALAHAN/KEBUTUHAN
TUJUAN PENYELESAIAN
ALTERNATIF KEGIATAN
KOMPONEN PROGRAM
JENIS LAYANAN
1
Aspek Landasan Hidup Religius
a.        Minimnya minat siswa mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian
Meningkatkan minat mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian
Mengadakan kegiatan kerohanian ( tutorial keagamaan) secara rutin
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
b.        Kurang memiliki kebiasaan mengingatkan/mengajak kepada kebaikan dalam hal keagamaan
Meningkatkan kesadaran untuk mengajak dalam hal kebaikan beragama
Mengadakan pelatihan dan lomba da’i
Layanan dasar
Bimbingan klasikal
c.        Kurang memiliki kesadaran beribadah secara tertib
Meningkatkan kesadaran beribadah secara tertib
Mengadakan pengawasan tertib beribadah dengan bekerjasama dengan pihak terkait (guru agama)
Layanan dasar
Bimbingan klasikal





2
Aspek Kematangan Emosi
a.        Kurang dapat mengontrol emosi ketika mengahadapi suatu masalah dengan orang lain (lingkungan sosial)
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengontrol emosi
-      Menyediakan tips kontrol emosi melalui papan bimbingan (manual maupun elektronik/internet
-      Melalui sosiodrama
Layanan responsif
Konseling kelompok
b.        Kurang dapat mengenali emosi diri sendiri
Meningkatkan kemampuan mengenali emosi diri sendiri
Bimbingan cara mengenali emosi diri melalui media-media BK (leaflet, papan bimbingan, bulletin)
Layanan dasar
Bimbingan kelompok
c.        Maraknya tawuran antar pelajar
Mengurangi tingkat tawuran antar pelajar
Bimbingan mengenai dampak negative tawuran antar pelajar
Layanan responsif
Konseling individu/kelompok





3
Aspek Perilaku Etis
a.        Kurang menghargai orang lain dalam berinteraksi
Menumbuhkan sikap menghargai orang lain
Melakukan pendidikan etika dan moral siswa baik secara langsung maupun tidak langsung, menggunakan teknik sosiodrama.
Layanan dasar
Bimbingan klasikal maupun kelompok
b.        Sering melanggar peraturan sekolah
Meningkatkan kesadaran untuk tertib terhadap peraturan
Konseling kelompok dalam memberi layanan untuk menumbuhkan kesadaran tertib aturan
Layanan responsif
Bimbingan kelompok
c.        Kebiasaan menggunakan kata-kata jorok dan kasar
Menyadarkan untuk berkata-kata yang lebih halus dan sopan
-    Melakukan  bimbingan komunikasi efektif

Layanan responsif
Bimbingan individual
d.        Suka mencorat-coret dinding sekolah atau tempat umum
Agar siswa dapat menyalurkan bakat pada tempatnya
-    Mengadakan lomba grafity/mural
-    mengadakan lomba lukis
Layanan dasar
Bimbingan klasikal

4
Aspek Kematangan Intelektual
a.        belum dapat mengambil keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengambil keputusan dan pemecahan mmasalah secara objektif
-    melalui psikodrama
-    tips mengambil keputusan dan pemecahan masalah melalui media BK
Layanan dasar
Bimbingan kelompok
b.        siswa tidak paham cara mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki
Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengembangkan bakat dan minat beserta cara-caranya
Diskusi tentang cara mengembangkan bakat dan minat
Layanan dasar
Bimbingan klasikal










5
Aspek Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
a.        kurang bisa menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam interaksi sosial
Meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya nilai-nilai persahabatan dan keharmonisab dalam interaksi sosial
Layanan penyampaian materi pentingnya menjalin hubungan baik dalam interaksi,
Sosiodrama,
Games.
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
b.        Siswa sering melanggar tata tertib di sekolah
Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menaati tata tertib di sekolah
Memberikan pengertian tentang tanggungjawab dan pentingnya tanggungjawab tersebut
Layanan dasar
Bimbingan klasikal










6
Aspek Kesadaran Gender
a.        Kurang bisa memahami peran gender dirinya sendiri yang sebenarnya
Menumbuhkan kesadaran peran gender
Pemberian materi peran gender melalui bimbingan, diskusi, media.
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
b.        Persepsi yang salah mengenai peran gender bahwa laki-laki yang selalu berkuasa dan wanita yang harus selalu menurut
Meningkatkan pemahaman tentang peran gender yang sebenarnya
Memberikan pemahaman peran gender
Melalui sosiodrama
Layanan responsive
Bimbingan kelompok
c.        Siswa putra tidak mau mengerjakan tugas piket
Meningkatkan kesadaran bahwa laki-laki dan perempuan mempunya kewajiban yang sama dalam piket kelas
Memperlihatkan kesamaan gender yang ada pada saat ini
layanan dasar
bimbingan klasikal





7
Aspek Pengembangan Diri
a.        Belum bisa menemukan/menyadari potensi yang ada pada dirinya
Meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi potensi diri
Layanan cara mengetahui potensi diri melalui media BK (brosur, leaflet, internet) berupa tips-tips
Layanan dasar
Bimbingan kelompok, bimbingan klasikal
b.        Kurang informasi tentang kegiatan pengembangan diri
Memberikan informasi tentang kegiatan pengembangan diri
Menampilkan informasi-informasi tawaran kegiatan pengembangan diri melalui media yang ada (Papan bimbingan, papan informasi),
Maupun penyampaian secara langsung
Layanan informasi
Bimbingan kelompok, bimbingan klasikal
c.        Tidak berminat dengan kegiatan ekstrakulikuler pengembangan diri
Menumbuhkan minat untuk aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler
Pemberian motivasi pentingnya kegiatan ekstrakulikuler
Layanan dasar
Bimbingan kelompok
d.        Perkembangan fisik dan psikis remaja
Meningkatkan pemahaman tentang perkembangan fisik dan psikis dan dapat menerima perkembangn tersebut
Diskusi dan mengamati perubahan fisik dan psisis yang terjadi pada lawan jenisnya
Layanan dasar
Bimbingan klasikal
8
Aspek Perilaku Kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
a.        Kurang bisa mengatur keuangan dan membuat prioritas dalam mengatur keuangan
Meningkatkan kemampuan membuat prioritas dalam mengatur keuangan
Pelatihan manajemen keuangan
Layanan pemberian materi pentingnya membuat prioritas melalui media papan bimbingan dan internet
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
b.        Berperilaku boros
Meningkatkan kesadaran untuk tidak berperilaku boros
Layanan klasikal melalui study kasus (film), dan melalui psikodrama
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
c.        Belum tumbuh jiwa kewirausahaan maupun kemandirian ekonomis
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
Bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengadakan pelatihan/diskusi kewirausahaan, member materi pentingnya hidup mandiri melalui media
Layanan dasar
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok
d.        Hidup hemat
Agar siswa tidak  konsumtif dan hidup hemat
Mengadakan diskusi tentang bahaya hidup dengan pola konsumtif
Layanan dasar
Bimbingan klasikal
9
Aspek Wawasan dan Kesiapan Karir
a.        Kurangnya informasi tentang karir
Menambah wawasan dan  informasi tentang karir
Memberikan informasi tentang karir yang mungkin bisa dipilih melalui papan informasi, papan bimbingan, layanan klasikal, maupun layanan kelompok
Layanan informasi
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
b.        Belum memiliki pandangan tentang karir kedepannya
Memberikan pandangan tentang karir
Bimbingan karir
Layanan dasar
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, maupun individual.
c.        Merasa jurusan yang ditempuh tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimilki
Menumbuhkan keyakinan akan keputusan/jurusan yang telah ditempuh
Konseling individu dan konseling kelompok
Layanan responsive
Layanan konseling
d.        Pengenalan jenis-jenis pekerjaan
Agar siswa memiliki wawasan tentang jenis-jenis pekerjaan
Memperkenalkan jenis-jenis pekerjaan pada siswa sesuai bakat dan minatnya
Layanan dasar
Bimbingan klasikal



10
Aspek Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
a.        Kurang memahami pentingnya menjalin hubungan dengan teman sebaya
Meningkatkan pemahaman akan pentingnya hubungan dengan teman sebaya
Study kasus dengan tayangan film, sosiodrama
Layanan dasar
Bimbingan kelompok
b.        Menarik diri dari hubungan teman sebaya
Menumbuhkan kesadaran untuk tidak menarik diri dari teman sebaya
Memberikan bimbingan tentang pergaulan
Layanan responsive
Bimbingan kelompok, bimbingan individual
c.        Beberpa siswa belum bisa menghargai teman
Meningkatkan pemahaman tentang manfaat menghargai teman
mengadakan games yang mengedepankan kerjasama kelompok
Layanan dasar
Bimbingan klasikal
d.        Makhluk sosial
Meningkatkan pemahaman tentang manusia yang tidak bisa hidup sendiri
Memutarkan film dan siswa diminta untuk menganalisis
Layanan dasar
Bimbingan klasikal
11
Aspek Kesiapan Diri untuk Menikah
a.        Kurangnya wawasan tentang kesiapan hidup menuju pernikahan dan berkeluarga
Menambah wawasan tentang kesiapan menuju pernikahan dan keluarga
Diskusi kelompok, materi melalui media bulletin sekolah
Layanan dasar
Bimbingan kelompok
b.        Belum ada pandangan tentang pernikahan dan kehidupan berkeluarga
Memberi pandangan tentang pernikahan dan kehidupan berkeluarga
Pemberian layanan melalui diskusi kelompok
Layanan dasar
Bimbingan kelompok






1 komentar: