Need Assessment
NO
|
PERMASALAHAN/KEBUTUHAN
|
TUJUAN PENYELESAIAN
|
ALTERNATIF KEGIATAN
|
KOMPONEN PROGRAM
|
JENIS LAYANAN
|
1
|
Aspek Landasan Hidup Religius
| ||||
a. Minimnya minat siswa mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian
|
Meningkatkan minat mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian
|
Mengadakan kegiatan kerohanian ( tutorial keagamaan) secara rutin
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
b. Kurang memiliki kebiasaan mengingatkan/mengajak kepada kebaikan dalam hal keagamaan
|
Meningkatkan kesadaran untuk mengajak dalam hal kebaikan beragama
|
Mengadakan pelatihan dan lomba da’i
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
c. Kurang memiliki kesadaran beribadah secara tertib
|
Meningkatkan kesadaran beribadah secara tertib
|
Mengadakan pengawasan tertib beribadah dengan bekerjasama dengan pihak terkait (guru agama)
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
2
|
Aspek Kematangan Emosi
| ||||
a. Kurang dapat mengontrol emosi ketika mengahadapi suatu masalah dengan orang lain (lingkungan sosial)
|
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengontrol emosi
|
- Menyediakan tips kontrol emosi melalui papan bimbingan (manual maupun elektronik/internet
- Melalui sosiodrama
|
Layanan responsif
|
Konseling kelompok
| |
b. Kurang dapat mengenali emosi diri sendiri
|
Meningkatkan kemampuan mengenali emosi diri sendiri
|
Bimbingan cara mengenali emosi diri melalui media-media BK (leaflet, papan bimbingan, bulletin)
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
c. Maraknya tawuran antar pelajar
|
Mengurangi tingkat tawuran antar pelajar
|
Bimbingan mengenai dampak negative tawuran antar pelajar
|
Layanan responsif
|
Konseling individu/kelompok
| |
3
|
Aspek Perilaku Etis
| ||||
a. Kurang menghargai orang lain dalam berinteraksi
|
Menumbuhkan sikap menghargai orang lain
|
Melakukan pendidikan etika dan moral siswa baik secara langsung maupun tidak langsung, menggunakan teknik sosiodrama.
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal maupun kelompok
| |
b. Sering melanggar peraturan sekolah
|
Meningkatkan kesadaran untuk tertib terhadap peraturan
|
Konseling kelompok dalam memberi layanan untuk menumbuhkan kesadaran tertib aturan
|
Layanan responsif
|
Bimbingan kelompok
| |
c. Kebiasaan menggunakan kata-kata jorok dan kasar
|
Menyadarkan untuk berkata-kata yang lebih halus dan sopan
|
- Melakukan bimbingan komunikasi efektif
|
Layanan responsif
|
Bimbingan individual
| |
d. Suka mencorat-coret dinding sekolah atau tempat umum
|
Agar siswa dapat menyalurkan bakat pada tempatnya
|
- Mengadakan lomba grafity/mural
- mengadakan lomba lukis
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
|
4
|
Aspek Kematangan Intelektual
| ||||
a. belum dapat mengambil keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
|
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengambil keputusan dan pemecahan mmasalah secara objektif
|
- melalui psikodrama
- tips mengambil keputusan dan pemecahan masalah melalui media BK
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
b. siswa tidak paham cara mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki
|
Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengembangkan bakat dan minat beserta cara-caranya
|
Diskusi tentang cara mengembangkan bakat dan minat
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
5
|
Aspek Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
| ||||
a. kurang bisa menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam interaksi sosial
|
Meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya nilai-nilai persahabatan dan keharmonisab dalam interaksi sosial
|
Layanan penyampaian materi pentingnya menjalin hubungan baik dalam interaksi,
Sosiodrama,
Games.
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
b. Siswa sering melanggar tata tertib di sekolah
|
Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menaati tata tertib di sekolah
|
Memberikan pengertian tentang tanggungjawab dan pentingnya tanggungjawab tersebut
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
6
|
Aspek Kesadaran Gender
| ||||
a. Kurang bisa memahami peran gender dirinya sendiri yang sebenarnya
|
Menumbuhkan kesadaran peran gender
|
Pemberian materi peran gender melalui bimbingan, diskusi, media.
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
b. Persepsi yang salah mengenai peran gender bahwa laki-laki yang selalu berkuasa dan wanita yang harus selalu menurut
|
Meningkatkan pemahaman tentang peran gender yang sebenarnya
|
Memberikan pemahaman peran gender
Melalui sosiodrama
|
Layanan responsive
|
Bimbingan kelompok
| |
c. Siswa putra tidak mau mengerjakan tugas piket
|
Meningkatkan kesadaran bahwa laki-laki dan perempuan mempunya kewajiban yang sama dalam piket kelas
|
Memperlihatkan kesamaan gender yang ada pada saat ini
|
layanan dasar
|
bimbingan klasikal
| |
7
|
Aspek Pengembangan Diri
| ||||
a. Belum bisa menemukan/menyadari potensi yang ada pada dirinya
|
Meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi potensi diri
|
Layanan cara mengetahui potensi diri melalui media BK (brosur, leaflet, internet) berupa tips-tips
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok, bimbingan klasikal
| |
b. Kurang informasi tentang kegiatan pengembangan diri
|
Memberikan informasi tentang kegiatan pengembangan diri
|
Menampilkan informasi-informasi tawaran kegiatan pengembangan diri melalui media yang ada (Papan bimbingan, papan informasi),
Maupun penyampaian secara langsung
|
Layanan informasi
|
Bimbingan kelompok, bimbingan klasikal
| |
c. Tidak berminat dengan kegiatan ekstrakulikuler pengembangan diri
|
Menumbuhkan minat untuk aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler
|
Pemberian motivasi pentingnya kegiatan ekstrakulikuler
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
d. Perkembangan fisik dan psikis remaja
|
Meningkatkan pemahaman tentang perkembangan fisik dan psikis dan dapat menerima perkembangn tersebut
|
Diskusi dan mengamati perubahan fisik dan psisis yang terjadi pada lawan jenisnya
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
8
|
Aspek Perilaku Kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
| ||||
a. Kurang bisa mengatur keuangan dan membuat prioritas dalam mengatur keuangan
|
Meningkatkan kemampuan membuat prioritas dalam mengatur keuangan
|
Pelatihan manajemen keuangan
Layanan pemberian materi pentingnya membuat prioritas melalui media papan bimbingan dan internet
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
b. Berperilaku boros
|
Meningkatkan kesadaran untuk tidak berperilaku boros
|
Layanan klasikal melalui study kasus (film), dan melalui psikodrama
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
c. Belum tumbuh jiwa kewirausahaan maupun kemandirian ekonomis
|
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
|
Bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengadakan pelatihan/diskusi kewirausahaan, member materi pentingnya hidup mandiri melalui media
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok
| |
d. Hidup hemat
|
Agar siswa tidak konsumtif dan hidup hemat
|
Mengadakan diskusi tentang bahaya hidup dengan pola konsumtif
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
9
|
Aspek Wawasan dan Kesiapan Karir
| ||||
a. Kurangnya informasi tentang karir
|
Menambah wawasan dan informasi tentang karir
|
Memberikan informasi tentang karir yang mungkin bisa dipilih melalui papan informasi, papan bimbingan, layanan klasikal, maupun layanan kelompok
|
Layanan informasi
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
| |
b. Belum memiliki pandangan tentang karir kedepannya
|
Memberikan pandangan tentang karir
|
Bimbingan karir
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, maupun individual.
| |
c. Merasa jurusan yang ditempuh tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimilki
|
Menumbuhkan keyakinan akan keputusan/jurusan yang telah ditempuh
|
Konseling individu dan konseling kelompok
|
Layanan responsive
|
Layanan konseling
| |
d. Pengenalan jenis-jenis pekerjaan
|
Agar siswa memiliki wawasan tentang jenis-jenis pekerjaan
|
Memperkenalkan jenis-jenis pekerjaan pada siswa sesuai bakat dan minatnya
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
10
|
Aspek Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
| ||||
a. Kurang memahami pentingnya menjalin hubungan dengan teman sebaya
|
Meningkatkan pemahaman akan pentingnya hubungan dengan teman sebaya
|
Study kasus dengan tayangan film, sosiodrama
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
b. Menarik diri dari hubungan teman sebaya
|
Menumbuhkan kesadaran untuk tidak menarik diri dari teman sebaya
|
Memberikan bimbingan tentang pergaulan
|
Layanan responsive
|
Bimbingan kelompok, bimbingan individual
| |
c. Beberpa siswa belum bisa menghargai teman
|
Meningkatkan pemahaman tentang manfaat menghargai teman
|
mengadakan games yang mengedepankan kerjasama kelompok
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
d. Makhluk sosial
|
Meningkatkan pemahaman tentang manusia yang tidak bisa hidup sendiri
|
Memutarkan film dan siswa diminta untuk menganalisis
|
Layanan dasar
|
Bimbingan klasikal
| |
11
|
Aspek Kesiapan Diri untuk Menikah
| ||||
a. Kurangnya wawasan tentang kesiapan hidup menuju pernikahan dan berkeluarga
|
Menambah wawasan tentang kesiapan menuju pernikahan dan keluarga
|
Diskusi kelompok, materi melalui media bulletin sekolah
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
b. Belum ada pandangan tentang pernikahan dan kehidupan berkeluarga
|
Memberi pandangan tentang pernikahan dan kehidupan berkeluarga
|
Pemberian layanan melalui diskusi kelompok
|
Layanan dasar
|
Bimbingan kelompok
| |
Thanks be for, I have copied this item,,,,,
BalasHapusthanks
BalasHapusTerima kasih, sangat bermanfaat bagi guru BK untuk menyusun program BK Komprehensif
BalasHapusmaturnuwun dapat memenuhi tuhas PPG
BalasHapusTerima kasih..bisa untuk ktsp..
BalasHapus